15 November 2007

(still) Transformers: the Game



source : http://www.jagogame.com/review/detail.asp?rid=101&h=0&pid=0&pg=1&pg2=3
Transformers: The Game
09 Juli 2007
oleh Creeds

Game Info
Platform : PC Game
Publisher : Activision
Developer : Traveller's Tales
Genre : Action
Release Date : 26 Juni 2007

JagoGame Rating
Gameplay
6










Graphic
8










Sound
6










Overall
6.7

Transformers: The Game merupakan game dari film Transformers: The Movie milik Paramount Pictures dan DreamWorks Pictures yang telah tayang di bioskop seluruh Indonesia. Versi PC-nya yang ditangani oleh Traveler’s Tales, developer yang sebelumnya pernah membuat game Lego StarWars, berusaha menyajikan permainan Transformers penuh dengan aksi keren seperti yang terdapat di movie. Tapi apakah gameplay yang disajikan semenarik robot-robot yang dapat berubah bentuk itu?

Stori
Seperti game berbasis layar lebar lainnya, Transformers: The Game juga memiliki alur cerita yang sama dengan movie-nya. Di mana dua ras robot yang sedang berseteru, Autobot dan Decepticon tiba dibumi untuk mencari AllSpark, sebuah item yang bisa memberikan nyawa tambahan bagi semua Transformers. Perperangan pun tidak terhindarkan, Bumi menjadi arena pertarungan bagi Decepticon, ras robot dari sisi jahat yang berambisi ingin merebut AllSpark dan mengusai dunia, yang dicegah oleh Autobot, ras robot dari sisi baik.
Gameplay
Sebelum memasuki layar menu utama, game ini menyajikan intro game yang keren dengan tingkat resolusi yang tinggi. Setelah menyaksikan dan menikmati intro game yang lumayan panjang. Anda akan tiba di menu utama yang hanya memuat opsi New Game, Load Game, Option, serta Bonus Feature yang terdapat dalam menu New Game. Pada Bonus Feature, Anda dapat membuka puluhan movie dan ratusan gambar Transformers, serta beberapa konten rahasia.
Dalam New Game, Anda dapat memainkan dua campaign yang tersedia, yakni campaign Autobot dari sudut pandang baik dan Decepticon dari sudut pandang jahat. Masing-masing campaign akan terbagi menjadi beberapa chapter dengan konsep permainan semi SandBox, di mana Anda mengendalikan robot-robot Transformers yang muncul pada versi movienya, seperti Bumblebee, Optimus Prime, Jazz, StarScream, Barricade, Megatron, dan lain-lain. Masing-masing robot telah diset kemunculannya pada setiap chapter sehingga Anda tidak dapat lagi memilih robot Transformers yang ingin digunakan. Selanjutnya, Anda beraksi pada beberapa level dengan seting lokasi yang terdapat di movie, seperti di pusat kota, pangkalan militer di padang gurun, hingga Planet Cybertron. Luas level yang terdapat pada game ini tidaklah seluas kota NewYork yang terdapat dalam game Spiderman 3.

Di dalam sebuah level, Anda dapat menjelajahi hingga ke sudut-sudutnya untuk mencari dan mengumpulkan Cubes yang tersebar disepanjang level dan berguna untuk membuka konten bonus dan sebagai syarat untuk mengikuti beberapa Challenge yang bersifat minigame. Beberapa Challenge yang dapat Anda ikuti, diantaranya seperti Race (adu kecepatan mobil melawan waktu), Sumo (menghajar sebanyak mungkin robot drone keluar dari arena), dan lain sebagainya. Selain mengumpulkan Cubes, Anda juga akan menemukan Cubes Health untuk menambah jumlah health robot Anda yang berkurang.
Untuk dapat menapaki ke chapter selanjutnya, Anda harus menyelesaikan misi dengan bergerak ke tempat yang ditandai lingkaran hijau. Untuk misi-misi yang terdapat dalam game ini, pihak developer telah memasukan semua momen penting yang terdapat dalam movie, seperti pada saat helikopter yang mendarat di markas militer kemudian berubah menjadi robot dan menghancurkan seluruh markas militer ataupun kejar-kejaran mobil untuk menghalangi anak buah Megatron mencapai rumahnya Sam.
Level sebelumnya dan misi yang telah Anda selesaikan, dapat dimainkan kembali dengan mengunjungi tempat yang sama yang kini telah ditandai lingkaran berwarna kuning. Hal ini dimaksudkan supaya Anda dapat kembali mencoba untuk memperoleh hasil yang maksimal agar dapat membuka bonus konten. Secara keseluruhan untuk campaign pada game ini telalu pendek, bahkan untuk dua campaign sekalipun. Namun yang bikin mengasikkan adalah saat kita mengobrak-abrik seisi kota, penduduk berlarian, dan puluhan mobil polisi dan militer berusaha menghentikan aksi kita.
Tingkat kesulitan pada game ini berseting normal dan tidak adanya pilihan tingkat kesulitan yang diberikan dalam game ini. Walau demikian musuh-musuh pada game ini memiliki AI yang responsif. Khususnya untuk musuh kelas bawahan, seperti robot drone, tank, helikopter, dan mobil polisi, mereka bergerak mendekat secara berbondong dalam jumlah banyak untuk menyerang, meski gampang dihancurkan. Sementara untuk musuh kelas Boss, Anda akan merasa tertantang karena mereka tidak gampang dikalahkan dengan beberapa serangan saja. Ini dikarenakan jumlah health mereka sangat banyak dan memerlukan trik khusus untuk mengalahkannya. Misalnya Anda perlu melemparkan objek untuk membuat robot musuh terjatuh, kemudian Anda mesti berlari mendekatinya untuk mengangkat dan melemparkannya sejauh mungkin, untuk membuat health-nya berkurang.

Pengontrolan robot yang diimplementasikan dalam kibor dan mouse cukup bagus. Anda gunakan tombol WASD untuk bergerak dan mengunakan mouse untuk mengatur arah pandang yang diinginkan. Untuk kombat, Anda dapat menembakkan senjata ringan dan senjata berat dengan menekan tombol kanan dan kiri mouse. Selain menembak, Anda juga dapat melakukan serangan jarak dekat (untuk tipe serangan yang ini, tiap robot memiliki perbedaan dalam menyerang), melompat, memanjat bangunan, hingga mengambil objek dan mengunakannya sebagai senjata. Game ini juga menyertakan penguncian target secara otomatis untuk menghadapi musuh dalam jumlah banyak. Lalu untuk melakukan transformasi, hanya cukup dengan mengeser roda mouse dan Anda dapat bertransformasi kapan saja.
Grafis
Berbicara tentang grafis pada game ini, cukup membuat pemain berdecak kagum khususnya pada robot Transformers yang terlihat dimodel sangat detil. Game ini juga menambahkan efek HDR dan efek Blur untuk membuat visualisasi semakin mengigit, seperti bagian dari tubuh robot yang mengkilap karena pantulan cahaya matahari. Yang paling menarik, pihak developer mendesain lingkungan permainan sedestruktif mungkin, mulai dari tiang listrik hingga bangunan dapat dirusak ataupun digunakan sebagai senjata atau dilempar. Gerakan tiap robot ataupun saat berubah bentuk juga dianimasikan dengan halus, menyerupai movie-nya.
Suara
Jika grafis pada game ini membuat Anda kagum, beda halnya dengan suara. Sulit untuk terkesan, walau suara Optimus Prime dan Megatron diisi oleh aktor Peter Cullen dan Hugo Weaving dalam filmnya. Untuk musik pengiring sering terdengar sama pada beberapa chapter, kemudian untuk suara latar sebenarnya sudah digarap cukup bagus, seperti teriakan manusia yang berlarian saat robot raksasa muncul di tengah kota, suara sirene polisi, cuman sayangnya kurang ramai.
Last Word
Gameplay pada game ini kurang greget dan tidak ada variasi, seharusnya pihak developer bisa saja menambahkan misi sekunder yang menarik dan minigame yang disediakan hanya fun pada awal-awalnya saja, selanjutnya membosankan. Apalagi game yang bergenre action-adventure ini memiliki sistem kombat yang kurang mendalam dengan tidak adanya hit kombo dan unsur elemen RPG, misalnya mendapatkan point untuk meningkatkan status serangan dan sebagainya. So, kesimpulannya game ini lebih cocok dimainkan oleh anak-anak yang mengagumi robot raksasa yang bisa berubah bentuk.
Informasi tambahan untuk versi NDS dan PSP
Asiknya pada versi NDS yang ditangani oleh Vicarious Visions menawarkan mode Create-A-Bot, di mana pemain dapat mengkustomisasi avatar robotnya serta mendownload berbagai konten baru dan mengupdate misi tambahan yang baru dengan memanfaatkan teknologi Wifi. Sedangkan untuk versi PSP yang ditangani oleh Savage Entertainment menawarkan mode Head-to-Head yang mendukung hingga 4 pemain dengan memanfaatkan teknologi Wireless.

Tidak ada komentar: