27 Agustus 2007

Change in Habit

Kira-kira di-indonesiakan menjadi "Merubah Kebiasaan", cerita bergambar ini gue dapet saat berkunjung ke Dikyasa Pancoran Jakarta beberapa hari yang lalu. Kemasan majalahnya apik plus cerita yang sederhana berbalut komedi dan ajakan-ajakan bernuansa kampanye. Total dari 3 buah majalah salah satunya coba gue review secara sederhana.

"Change in Habit" ini sebenarnya berisi ajakan pada khalayak umum untuk berpindah ke moda transportasi massal, yup .. angkutan umum. Ada cerita tentang seorang bapak yang selalu mengeluh tidak bisa mengantar anaknya ke sekolah tepat waktu hingga seorang bapak lagi yang mengindamkan motor sementara keluarganya lebih senang menikmati jasa transportasi massal. Fitur busway pun mengemuka memberikan solusi kepada salah satu karakter yang tempat kerjanya berputar-putar dan tidak efisien.

Di halaman awal tergambar bagaimana potret lalu-lintas Jakarta dengan segala kesemrawutannya bertambah dengan gemasnya para aparat Kepolisian melihat situasi kanan-kiri baik dari pengendara sepeda motor hingga pengemudi mobil.

Tema majalah ini terfokus pada ajakan penggunaan angkotan umum dibanding penggunaan kendaraan pribadi. Memang ending dari majalah terasa ideal, pasti mengagumkan kalau sampai terjadi di dunia nyata.

Distribusi majalah sejenis yang gue tanya saat di Dikyasa lebih mengarah ke konsumsi tingkat anak-anak meskipun target ke pembaca dewasa juga masih realistis. Idealnya majalah ini terdisitribusi gratis ke seluruh pelosok kota agar setiap individu dapat berkaca sudahkan menanamkan tingkat disiplin dan menghargai fasilitas yang sudah dikeluarkan Pemerintah Daerah. Semua berpulang pada diri sendiri dan yang jelas majalah ini sangat menarik sampai-sampai anak gue pun selalu minta dibacakan sebelum dia tidur. Serunya .. sikecil selalu minta diperagakan aksi-aksi komikal ala majalah tersebut.

Dan buat yang mau majalah ini, coba deh main ke Dikyasa Pancoran Jakarta lt.4.

Mereka selalu membuka tangan bagi kita yang ingin berkunjung kapan saja.

Salam DISIPLIN dan AMAN BERKENDARA !!
( http://lampuhijau.wordpress.com )

Tidak ada komentar: