27 September 2007

BLACKLE - Dark Google

Simak keterangan berikut :

Blackle was created by Heap Media to remind us all of the need to take small steps in our everyday lives to save energy. Blackle searches are powered by Google Custom Search.

In January 2007 a blog post titled Black Google Would Save 750 Megawatt-hours a Year proposed the theory that a black version of the Google search engine would save a fair bit of energy due to the popularity of the search engine. Since then there has been skepticism about the significance of the energy savings that can be achieved and the cost in terms of readability of black web pages.

See?

Google versi gelap diyakini mampu menghemat energi. Jika dalam tampilan normal layar Google versi asli menarik daya hingga 74 watts, sementara Dark Google alias BLACKLE hanya menyedot watts sekitar 59 saja. Buat yang tidak 'ngeh' perbedaan jelas tidak berpengaruh apa-apa, toh kita hanya sebagai user saja tanpa pernah berpikir apa-apa saja yang ada di balik teknologi internet.

Kenapa tidak membuat www.blackle.com sebagai default search engine anda? Penghematan memang terkadang menjadi hal yang dilematis antara dibutuhkan dan tidak.

PPT aka Para Pencari Tuhan




Nonton apa pas Sahur di bulan Ramadhan ini ?

Aksi humor di TransTV, Trans7 atau di RCTI ? Atau justru mencari sinetron rohani yang ada di SCTV. Semua menjadi suguhan menarik saat ber-sahur tapi sinetron rohani bertajuk PARA PENCARI TUHAN (*PPT) lebih ideal dijadikan teman sahur ketimbang menonton humor tanpa inovasi dan hanya saling isi kuis saja.

Sudah seminggu ini sinetron PPT berhasil minat keluarga mengisi kekosongan acara saat sahur. Pemainnya antara lain :

- Dedy Mizwar sbg Bang Jack
- Trio Bajaj , Isa sbg Juki - Aden sbg Barong dan Melki sbg Chelsea ... waksss kok Chelsea namanya ?
- Zaskia Adya sbg Aya
- Agus Kuncoro sbg Azam
- Akri Patrio sbg Ust. Fery
- Annisa Suci sbg Haifa, istri dari Ust. Fery
serta
- Asrul sbg Asrul

Nih catat waktu tayangnya ! Setiap santap sahur jam 03:00 - 04:30. Ceritanya sederhana saja saat Bang Jack kedatangan 3 mantan napi yang ingin mendalami Islam. Aktifitas sehari-hari pun menjadi penuh makna dalam sinetron ini karena setiap dialog kadang diselipkan ajaran-ajaran agama tanpa harus terkesan menggurui.

Apik ! Sangat apik untuk saya yang terkadang alergi melihat perkembangan sinetron nasional, tapi ketika Dedy Mizwar tampil dan sering hadir sebagai tokoh pemuka agama semua dialog yang terucap oleh beliau menjadi santapan nikmat dan sanggup menjadi pelajaran agama alternatif bagi mereka yang mungkin melewati berbagai khotbah.

Klik DISINI untuk soundtrack nya !

Tonton ya ! Salut buat PPT.

26 September 2007

(soal) Suzuki Skywave 125

ada reply menarik dari milis karisma_honda cyber community tentang Suzuki Skywave

Berani coba ?
-----------------------------
sekedar sekilas inpoh aja ya ....

di pasaran skutik, kalo mau tutup mata atas merk, skutik taiwan merk
KYMCO itu yang paling enak dikendarai. enak dikendarai di sini karena
skutiknya betul2 bebas getaran. ente nyemplak, serasa naek jetski dah.
makanya namanya jetmatic dia. dan orang-orang penyemplak kymco ini
sangat fanatik serta sensitif terhadap mutu dan kualitas. mereka
terlatih untuk bisa membedakan 'motor enak dan motor tidak enak' -
sekalipun hal ini sebetulnya relatif. di luar soal vibrasi ini, skutik
kymco tetap memiliki plus minus. tapi soal getaran, gila banget dah
... dia berhasil bikin motor yang engine mounting dan balancing
mesinnya bagus sekali.

coba siapa yang ngajarin kymco ? Honda.
mohon dicatet juga, bukan AHM. tapi HONDA.

nah, bukan berarti kymco menurut gue pribadi adalah yang the best.
karena motor itu nggak ada yang the best, semuanya ada plus minusnya.
yang mau gue bilang di sini, cuma soal vibrasi. sejauh yang pernah gue
coba, skutik yang vibrasinya minim juga dimiliki Honda Vario. sampe
kaget gue, AHM bisa juga ye .. hehehe.

nah lagi, buat orang kymco yang fanatik, honda vario itu masih kurang
oke. ya kalo ini sih soal selera dan fanatisme merk, makanya gak usah
dibahas. cuma, mereka state bahwa skutik yang nyaris sama soal vibrasi
dengan kymco hanya dimiliki oleh SUZUKI SPIN. gue pernah diminta untuk
ngetest spin sama mereka sebagai 'outsider' (anti fanatik merek)
sebagai bahan pembanding. sayang belum nemu kesempatannya.

jadi, kesimpulannya ... SUZUKI SKYWAVE juga menjanjikan hal yang sama
dengan SUZUKI SPIN karena basis mesinnya sama. malah menurut seorang
brother yang juga ahli menilik, SUZUKI SKYWAVE memiliki rancang bangun
yang oke punya yang menyebabkan vibrasi bisa ditekan seminim mungkin.
ini walang bagus, anak muda. cukup menjanjikan.

cuma perlu diingat bahwa suzuki memiliki track record yang hampir sama
buruknya dengan motor AHM untuk bodi bergetar. selain itu, faktor
brand image yang masih lemah membuat orang ragu-ragu menjadikannya
pilihan utama untuk dibeli. padahal suzuki memiliki kualitas layanan
service yang mirip2 sama wahana untuk soal reaksi cepat-tanggap
terhadap komplain. nggak seperti yamaha yang masih ndablek. plus perlu
diingat lagi, soal garansi mesin 3 tahun, shutter key dan lain-lain
itu suzuki duluan juga yang bikin. jadi, not so bad-lah.

cuma sejauh mana anda berani think and act outside of the box (brand
image) dengan memilih suzuki ? lah itu dia peer-nya si pabrikan
berlogo 'S' itu dalam mendidik pasar. jelek-jelek, Suzuki pernah loh
ngalahin yamaha dan bikin AHM ketar-ketir di jaman shogun 110 dulu.
hehehe.

kesimpulan : yuk beli Skywave NR :)

bukan marketing suzuki,
tok
-----------------------------

Suzuki Skywave 125

( sumber : M+ )

Konsistensi Suzuki yang tidak mau sekadar ganti baju terus berlanjut. Termasuk pada jenis skubek. Lepas generasi Spin 125, Suzuki hadirkan Suzuki Skywave 125 yang jauh beda dengan skubek pendahulunya. Ini sekelas Yamaha Nouvo atau Honda Airblade.

Skywave berbodi lebih bongsor dibanding Spin 125. Cita rasa kemewahan lebih terbangun. Aroma industrial dipadu rancak dengan roh futuristik. Tampak pada bentuk lekuk kaku dan tegas pada setiap siku detilnya. Seperti pada batok lampu, bagian sekitar kunci dan bentuk batok lampu. Sementara secara total desain, lekuk yang terbangun aerodinamis menunjukan cita rasa futuristik kental.

Secara umum, Suzuki tampak ingin menjembatani pecinta skubek fungsi dan penggemar style. Skubek yang justru menggunakan ukuran ban ring 16 itu, mendekati bentuk bebek yang sudah laris manis di Tanah Air.

Secara fungsi, skubek yang punya panjang 1,935 m, dan lebar 67 cm serta tinggi 1,07 m itu, akan lebih leluasa buat pengguna menerobos berbagai medan. Kan bukan cuma rodanya saja yang lebih besar. Tapi, secara umum juga lebih gambot dibanding Spin 125.

Pengembangan teknologi tidak hanya pada bentuk luar. Lihat saja karburatornya. Meski punya ukuran sama dengan Spin 125, karbu Skywave dilengkapi dengan filter penyaring udara sebelum menuju neddle valve. Itu dimaksudkan agar udara yang masuk ke karbu benar-benar bersih dari air.

Lain lagi dengan desain filter udara luar dari ventury karburator. Dibuat gambot dan posisinya persis di atas CVT. Efek secara fisik, bentuk mesin keseluruhan jadi terlihat gambot, seirama dengan bentuk total skubek. Padahal, sih, itu bukan bagian dari mesin.

Lampu depan juga ikuti virus lampu bodi. Posisinya seperti mata elang yang ada di cover bodi depan. Memang, kelemahannya, arah pancar lampu kayak mobil. Yaitu mengikuti arah bodi bukan arah setang.

Tapi untuk kebutuhan style, tampilan jadi lebih keren. Estetikanya modernnya lebih masuk.

Unsur fungsional lainnya ditunjukan pada desain bagasi yang longgar. Bahkan, Em-Plus coba masukin helm fullface pun cukup!

Ini salah stau keunggulan yang ditawarkan skubek macam Skywave. Pengguna tidak bingung bawa barang bawaan. Tinggal cemplungin ke begasi, beres!

Virus kunci paket yang sudah diterap pada banyak produk motor juga diikuti Skywave. Kunci kontak yang dilengkapi dengan pengaman itu, sekaligus juga langsung membuka bagasi. Jadi, enggak repot buka kunci jok yang biasanya ada di samping.

Meski sama-sama berkapasitas 124 cc dengan bore x stroke 53,5 mm x 55,2 mm, Suzuki Skywave punya performa yang berbeda dibanding Spin 125. Terasa saat Em-Plus melakukan first ride di Tambun, Bekasi. Hentakan tenaga pada rpm awal jauh lebih smooth. Saat trothtle dibuka secara mendadak, respon tenaga tidak seperti Spin 125 yang lebih spontan.

Besar kemungkinan, perubahan diameter ban (Spin ring 14 inci, Skywave ring 16 inci). Juga bodi yang lebih berat (Spin 125=93 kg, Skywave=113 kg), diikuti perubahan juga pada desain girboks.

Menyeimbangi bentuk yang lebih gambot, tenaga tampaknya tidak dicurahkan pada putaran awal. Sebaliknya, tenaga jadi terus ngisi pada putaran atas. Tak heran, Skywave disebut punya tenaga maksimal 9,6 tenaga kuda pada 8.000 rpm. Sementara Spin 125 raih 9,5 tenaga kuda pada 7.500 rpm.

Artinya, wajar kalau Em-Plus merasa putaran bawah Skywave kalah galak dibanding Spin 125. Karena tenaga maksimalnya berada di rpm yang lebih tinggi. Pantas kalau di rpm tinggi, laju Skywave akselerasinya lebih bagus.

Secara handling, meski bodi lebih gede, kenyamanan khas skubek tetap terjaga. Posisi duduk dan letak kaki dirasa lebih nyaman. Begitu pula dengan boncenger. Kenyamanan menyerupai bonceng motor bebek. Posisi kaki dan luasnya jok tak seperti skubek pada umumnya.

Saat dicoba nge-brake secara mendadak, stabilitas motor juga terjaga. Komposisi sok belakang yang double sok dikombinasi cakram depan sangat membantu hal itu. Pendek kata, meski belum lakukan tes jarak jauh, Em-Plus berani pastikan, motor ini lebih nyaman untuk turing dibanding skubek yang ukurannya lebih kecil.

Bentuk baru skubek ini juga memudahkan pengendara meliuk. Selain stabilitas tetap terjaga, komposisi ban dan bodi memungkinkan rebah lebih rendah. Satu hal lagi, posisi duduk pengendara yang tepat diatas bagasi terasa sangat lebar. Kontur jadi lebih nyaman bagi pengendara.

DATA SPESIFIKASI

Dimensi
Panjang keseluruhan 1.935 mm
Lebar keseluruhan 670 mm
Tinggi keseluruhan 1.070 mm
Jarak antara as roda 1.285 mm
Jarak mesin ke tanah 140 mm
Berat kendaraan 113 kg
Mesin
Jenis 4 langkah SOHC
Sistem pendingin Pendingin Udara
Jumlah silinder 1 silinder
Diameter silinder 53,5 mm
Langkah piston 55,2 mm
Kapasitas silinder 124 cc
Perbandingan kompresi 9,6 : 1
Daya maksimum 9,6 PS/8.000 rpm
Torsi maksimum 1,0 kg.m/6.000 rpm
Karburator Mikuni BS26
Saringan udara Elemen kertas
Sistem starter Listrik dan engkol
Transmisi
Kopling Kering, Otomatis, tipe sentrifugal
Sistem penggerak V-belt otomatis
Rangka
Rangka Underbone
Suspensi depan Telespkopik, per spiral, Peredam oli
Suspensi belakang Lengan ayun, Per spiral, peredam oli
Rem depan Cakram hidrolis
Rem belakang Tromol
Ukuran ban depan 70/90-16m/c 36p
Ukuran ban belakang 80/90-16m/c 43p
Sistem Listrik
Sistem pengapian DC-cdi (digital) / spark Ignition
Busi NGK cr6hsa / nd u20fsr-u
Accu 12V (3,5 AH)/10 hr
Kapasitas
Utility box 17,7 liter
Tangki bahan bakar 4,7 liter
Tangki oli mesin 1000 ml

reporter/fotografer : sugeng/endro M+

----------------------------------------------------------------
Bagus bukan ? Sejauh ini gue masih terus survey tentang performa Suzuki secara umum, karena jika dilihat dari data yang ada Suzuki masih kalah kelas dalam hal penjualan dengan Honda dan Yamaha. Layanan purna jualnya pun seperti ketersediaan bengkel resmi menjadi patokan utama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan varian skubek ini.

Overall, style nya lah yang sanggup menyilaukan mata gue untuk mencoba matic yang satu ini. Dalam iklannya matic ini berjuluk ULTIMATIC. Benar tidaknya ya harus menunggu gue mengendarainya :-)

24 September 2007

Apa itu HOAX ?

hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar.

Hoax adalah email peringatan, nasehat palsu, berita bohong atau berita palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya!
Hoax beredar di mana saja: email, bulettin friendster, Yahoo Messenger, bahkan SMS.

Dalam urutan ‘penyampah internet’, menurutku hoax berada setingkat lebih parah daripada spam. Orang membuat spam untuk sekedar mencari makan, mungkin untuk anak-istrinya atau keluarganya. Sedangkan orang membuat hoax tak lain hanyalah untuk kepuasan pribadi : berhasil membohongi orang banyak. (Junk mail tergolong sampah jinak).

Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena ‘hasil karya’nya beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industry yang berkaitan mengalami kerugian karena productnya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca HOAX tersebut. Oleh karena itu dalam menerima informasi hendaknya dilakukan Cross-Check terlebih dahulu terhadap kebenaran isi pesan tersebut, jangan langsung percaya, apalagi langsung memforwardnya & yang paling penting, memakai logika or nalar kita.

Hoax itu bisa juga di SMS, misalnya seperti pada hari raya, lalu anda mendapatkan sms yang berisi kata2 serta dibilang jika tidak melanjutkan memforwardnya maka anda akan terkena sial, tapi jika anda memforwardnya minimal kebeberapa nomor, maka anda akan mendapatkan pahala, lalu disertai kesaksian2 bahwa si A kena sial karena tidak memforward, lalu si B dapet pahala karena memforward & Yang diuntungkan jelas provider karena akan ada rantai bercabang terus menerus.

Hoax tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Bisa jadi yang sepele tapi setiap hari digunakan orang, & tujuannye buat nakut2in orang, ciri2nye yaitu dengan membuat keyakinan pembaca agar seperti beneran & logis contohnye yaitu dengan menggunakan istilah2 ilmiah, mencampurkan informasi yang benar & kebohongannya, memberikan data-data berupa angka, menambahkan alamat kantor berita di internet, memberikan "Solusi" yang ngga kalah gebleknye, menambahkan kata-kata ajaib dengan memberikan kesaksian palsu, & memberikan efek forward misalnye seperti boleh dapet dari millis yang berkaitan, kalangan eksklusif, & atau dari profesional or para ahli. Intinye bikin gossip yang bikin orang pade percaya!

Dewasa ini kita seringkali menerima email yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer, atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Warning semacam ini diistilah sebagai "HOAX". Hoax didefinisikan sebagai berita palsu yang memanfaatkan iktikad baik pembaca, sehingga berita tersebut disebarluaskan sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.

Ciri-ciri :
1. Didistribusikan via email, & seringkali memanfaatkan media mailing list.
2. Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya.
3. Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas.
4. Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.

Terus bagaimana donk ?
Ya jika sudah dewasa berarti sudah mampu donk membaca ciri-ciri mana yang HOAX atau bukan ! Jangan percaya sampah.

Berikut blog yang berisi seputar dunia HOAX, semoga kita tetap aware dan mampu berpikir rasional.

( source : googling )

Casey Stoner, Kampiun MotoGP 2007

Seri 14 di sirkuit Twin Ring Motegi Jepang, meski tidak tampil di podium juara Stoner berhasil mengunci gelar perdananya di kelas para raja MotoGP melalui pertarungan dramatis sepanjang balapan. Hasil akhir podium Motegi menyisakan Capirossi - De Puniet - Elias, hasil tersebut membuat Capirossi sukses mencetak hattrick karena pada lomba 2005 dan 2006 Capirossi jugalah yang teratas di podium.

Angin juara pada awalnya seperti berpihak pada Rossi setelah mampu tampil di grid depan bersama Pedrosa dan Hayden sementara Stoner ada di grid 3. Sirkuit yang basah paska hujan membuat pembalap pada lap-lap awal nyaman menggunakan ban basah tapi perlahan justru aspal sirkuit mengering lap demi lap. Kondisi tersebut memaksa tiap tim memberi kode pada setiap pembalapnya untuk menukar motor dengan ban kering di pertengahan lomba. Satu per satu masuk dan urutan pembalap tidak lagi seperti kondisi awal karena justru disinilah perang strategi adu cepat ganti motor berlangsung. Capirossi yang masuk lebih awal beruntung karena pada lanjutan balapan dapat terus mengamankan posisi terdepan. Satu per satu masuk pit dan kembali ke lintasan menjadi aksi yang patut dicermati karena momen seperti ini terbilang jarang di MotoGP.

Bagaimana dengan Rossi ? Rossi menjadi pembalap terakhir yang berusaha mengganti motor dengan cepat tapi mungkin nasib baik belum berpihak padanya karena justru motor penggantinyalah yang menjadi awal petaka. Berkali-kali kehilangan grip sampai kembali masuk pit hanya untuk sekedar cek kelayakan berakhir seperti membuang waktu sementara pemimpin klasemen Stoner justru tetap tampil nyaman dengan motor pengganti.

Drama sepanjang balapan diakhiri dengan wheelie 3 pembalap terdepan Capirossi dan berturut-turut De Puniet dan Elias melintas di garis finish. Kemenangan ini menjadi kemenangan besar Ducati karena menempatkan dua pembalapnya di podium dengan titel yang berbeda. Capirossi dengan hattrick nomor 1 nya di Motegi sementara Stoner berbalut baju gelar juara dunia MotoGP 2007. Keluarga terdekat yang datang pun larut dalam euforia kemenangan tim merah di sirkuit Motegi Jepang.













Klik DISINI untuk dokumentasi lainnya.
Hasil akhir adalah (source : detik) , klik DISINI untuk jalannya balapan :

1. Loris Capirossi Ducati (B) 47:05.483
2. Randy de Puniet Kawasaki (B) + 10.853
3. Toni Elias Honda (B) + 11.526
4. Sylvain Guintoli Yamaha (D) + 12.192
5. Marco Melandri Honda (B) + 28.569
6. Casey Stoner Ducati (B) + 31.179
7. Anthony West Kawasaki (B) + 50.001
8. Alex Barros Ducati (B) + 52.343
9. Nicky Hayden Honda (M) + 53.629
10. John Hopkins Suzuki (B) + 59.715
11. Chris Vermeulen Suzuki (B) +1:02.804
12. Makoto Tamada Yamaha (D) +1:09.313
13. Valentino Rossi Yamaha (M) +1:09.699
14. Colin Edwards Yamaha (M) +1:11.735
15. Shinichi Ito Ducati (B) +1:12.290
16. Shinya Nakano Honda (M) +1:32.979
17. Akira Yanagawa Kawasaki (B) + 1 lap
18. Carlos Checa Honda (M) + 1 lap

Tidak finish :

Kousuke Akiyoshi Suzuki (B) lap 20
Daniel Pedrosa Honda (M) 14
Kurtis Roberts KR (M) 6

20 September 2007

Menyambut Juara Dunia MotoGP !

Berharap Stoner sial. Aduh sepertinya kasar sekali mengharapkan Stoner entah jatuh, mogok atau celaka sekalian. Pengharapan yang tidak boleh keluar dari mulut para penggemar Rossi tapi apa daya situasi amat sangat tidak mendukung menjelang GP Motegi Jepang. Taruhlah dengan hasil akhir 1-2 , Stoner-Rossi, hasil tersebut belum cukup untuk menurunkan Stoner dari puncak klasemen MotoGP, kelasnya para raja roda dua. Selisih poin begitu sulit dikurangi meski masih ada 4 seri tersisa, kecuali akan terjadi hal-hal diluar dugaan. Simulasi perolehan angka pun tetap akan menguntungkan Stoner.

Skill boleh tinggi tapi nasib berkata lain karena ternyata Rossi belum pernah merasakan gelar di Motegi sejak gabung dengan Yamaha sejak 2004. Sementara Ducati punya sejarah manis karena pernah menempatkan Capirossi di puncak podium.

Siapa pembalap yang akan tertawa paling akhir di tangga juara MotoGP ? Saksikan 4 seri tersisa dan dimulai atau mungkin sekaligus diakhiri di GP Motegi Jepang.

Busway perusak pepohonan ?

source : privateeronboard

Ada pemandangan yang beda ketika gw melewati jalan raya Metro Pondok Indah. Barisan pohon palem yang ada di ruas pembatas jalan sebagian ditutupi oleh kain berwarna putih. Hmm… apa ada acara keagamaan..? Belum habis keheranan gw, jarak antar beberapa pohon terpampang potongan-potongan papan triplex dengan berbagai macan tulisan. Belum habis keheranan gw lagi, mendekati putaran Pondok Indah mulai terlihat bentangan-bentangan kain berwarna putih yang berisi pesan-pesan untuk tidak menebang pohon-pohon palem tersebut. Ada apa nih..?

Setelah kasak-kusuk cari info di Detik.com, ternyata semua itu merupakan protes dari warga Pondok Indah yang akan merasa terganggu dengan rencana Pemprov DKI yang akan menggunakan jalur Metro Pondok Indah sebagai jalur yang akan dilewati oleh kendaraan yang bernama Busway. Awalnya gw berpikiran, gilee… jalan yang masing-masing hanya punya 2 jalur kendaraan akan digunakan juga oleh jalur busway. Logikanya akan ada pelebaran jalan yang otomatis akan menggusur keberadaan pohon-pohon palem yang sudah lama berdiri di situ.

Namun menurut Aki Suti, jalur busway yang melintasi Jl. Metro Pondok Indah tidak mengambil jalur yang sudah ada, namun berbagi jalur dengan membuat marka jalan dengan cat berwarna merah. Dan yang gw tangkep, berarti seharusnya keberadaan pohon-pohon palem itu akan aman kecuali pada lokasi tertentu yang akan dibuat halte pemberhentian busway. Melihat situasi dan kondisi jalan tersebut sehari-hari, pada jam-jam berangkat/pulang kantor, jalan itu sangatlah padat, karena merupakan salah satu jalur utama penghubung area selatan Jakarta dengan pusat kota. Tidak ada busway saja para pengguna jalan di sana bisa stress dengan kemacetan yang terjadi, apalagi kalau sudah ada busway.

Gw adalah salah satu pengguna jalur itu, namun pada arah yang berlawanan dengan kemacetan. Yang membuat gw khawatir bukan soal kemacetan, karena ya itu tadi.. gw berlawanan arah dengan kemacetan itu, tapi apabila memang terjadi penebangan atau pemindahan tanaman-tanaman palem tersebut, maka ditakutkan daerah di situ akan terlihat gersang, walaupun di area pinggir jalan masih terlihat banyak tanaman-tanaman yang rimbun. Sungguh ironis memang, di satu sisi dunia sedang teriak-teriak GLOBAL WARMING, tapi yang dilakukan disini malah bertentangan dengan semangat itu. Dengan pohon-pohon yang ada sekarang,cuaca di Jakarta sudah sangat panas, bagaimana kalau dihilangkan keberadaannya ?

18 September 2007

MotoGP Estoril Portugal

( baru sempet nge-review :-) )

Entah Stoner yang sengaja tidak mengunci kemenangan di Estoril atau memang Rossi yang tampil brilian dan kembali menekan Stoner untuk tidak cepat-cepat mengangkat trofi juara dunia MotoGP. Grid pertama menempatkan line fantastis, Juara Dunia MotoGP 2006, Calon Juara Dunia MotoGP 2007 dan Penguasa MotoGP masing-masing Hayden - Stoner dan Rossi.

Ulasan media massa yang banyak menyebutkan Rossi telah menyerah dan hanya berusaha untuk tampil baik justru tidak terlihat saat lomba ketika Rossi terus melakukan determinasi meskipun sempat tercecer selepas start. Setelah mempu melewati Stoner ganti Pedrosa balik tertekan dan aksi saling susul pun diperlihatkan kedua pembalap dan hasil akhir menyatakan Rossi sebagai kampiun lomba Estoril. ( jalannya lomba klik disini )

Berdiri puas selepas finish dan mempersembahkan kemenangan untuk Collin McRae -yang tewas akibat kecelakaan helikopter- menjadi penutup hari yang melegakan karena selisih poin belum dapat memastikan Stoner menjadi jawara MotoGP 2007. Peluang besar tetap ada pada pihak Stoner dan Ducati tapi jika tidak konsisten peluang tersebut harus rela diusik Rossi dan Yamaha.











pics source

14 September 2007

Pasti Pas??

Pertamina bikin gebrakan dengan program PastiPas. Kemarin sore akhirnya mencoba program ini yang kali ini di-iming-imingi 3 tipe hadiah untuk pengendara motor dan 3 tipe hadiah bagi pengendara mobil. Mungkin cara ini dijalankan akibat ditekannya Pertamina oleh Shell dan Petronas di peta persaingan konsumsi bahan bakar.

20,000 rupiah keluar dan sialnya angka di meteran SPBU hanya mencapai 19,700 sekian dan tanki sudah penuh, coba tunggu punya tunggu petugas SPBU tetap tidak mengembalikan uang sisa pengisian. Hhhmmm, mana Pasti Pas nya?

Tetap di SPBU yang sama (Jl Raya Kalimalang, Cipinang Bali) hanya kali ini bertanya kepada petugas yang menjaga program Pasti Pas karena ternyata antara petugas SPBU dan petugas Passport Pasti Pas berbeda. Suguhan ala petugas marketing pun digencarkan oleh pria yang saat itu sedang jaga, buku kecil merah bertuliskan Passport diberikan secara gratis dan pada isi buku tersebut tersedia kolom-kolom yang harus terisi setiap kali kita mengisi bensin. Pastikan anda mengisi bensin pada SPBU yang menyediakan tanda Pasti Pas dan waktu jaga petugas tiap harinya hanya dari jam 07 s.d 20:00, Sabtu-Minggu Libur (cmiiiw).

Hitungannya jika mengisi Pertamax 1 liter pelanggan akan mendapatkan 1 poin dan begitu seterusnya sesuai banyaknya liter yang terisi. Hitungan poin dan jenis barang pun berbeda antara pengguna motor dan mobil, mobil diberi pilihan Jaket, Termos dan Bantal Leher sedangkan motor hanya ditawarkan 2 jenis Rompi dan 1 Tas tabung. Blah ... kurang variasi banget ya ?

Tapi it's okay lah daripada tidak dapat apa-apa sedangkan tiap periode tertentu kendaraan tersayang tetap harus meng-konsumsi bahan bakar. Dari sisi penyediaan jelas Pertamina unggul karena Shell dan Petronas belum menyentuh daerah-daerah pinggiran sehingga kadang kebutuhan bahan bakar dari tipe yang sama akan terhambat. Meskipun saling campur antar produsen bisa saja dilakukan, tapi mengkonsumsi jenis yang sama dari satu produsen masih menjadi pilihan terbaik.

Pertamina harus konsisten nih dengan Pasti Pas nya, selidiki tiap SPBU yang tetap tidak mampu menyediakan pengadaan uang kecil jika ternyata takaran dan harga tidak sama. Untuk daftar SPBU Pasti Pas silahkan klik disini .

13 September 2007

Kamus 2.03 - Kamus Gratis

Satu lagi aplikasi mini tapi hebat yang gue temukan saat browsing. Aplikasi tersebut adalah sebuah KAMUS yang bisa kita instal ke PC dan mampu membantu kita kapan saja.

Fasilitas utama program Kamus ini adalah :
-Ukuran yang cukup kecil
-Sederhana dan antarmuka yang mudah
-Pencarian kata yang cepat
-Pencarian otomatis antara bahasa Inggris dan Indonesia
-Clipboard monitoring
-Compact Mode
-Smart Find
-Otomatis menghilangkan karakter bukan huruf abjad seperti :!',:;.?"-)\(*/+, dll.
-Tampilan hasil dengan warna sesuai dengan jenis katanya
-Pencarian kata tepat sama, mengandung kata dan frase.
-Penambahan kata-kata baru
-Lebih dari 41.000 kata Inggris-Indonesia, 35.000 kata Indonesia-Inggris dan lebih dari 64.000 frase..
-20 Warna / skin tanpa memberatkan pemakaian memori.
-Mendukung Transparansi ( khusus Win 2k, XP dan atasnya )

Tampilan mukanya sangat sederhana tapi menyimpan potensi yang amat berharga. Pengaturan pencarian bahasa bisa dibuat otomatis atau dipisahkan menjadi Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris.

Sumber awalnya gue temukan disini dan sesuai artikel tersebut spek yang diperlukan cukup :

-Windows 9x/ME/NT/Xp/2003 dan Vista (?)
-Pentium II or above with 32 MB RAM.

Terjangkau bukan dari sisi spek. Tertarik ? Klik DISINI untuk Download File.
Cobain deh ya. Selamat mencoba :-)

12 September 2007

YMTiny

Teknologi oh Teknologi, komunikasi sekarang sudah tanpa batas apalagi kalo sudah tepat guna. Setelah tadi mempelajari Kronologger sekarang dapet aplikasi mini YMTiny yang infonya gue dapet dari sesama Kron di arena Kronologger.

Berikut link yang bisa diketik di menu browser dengan menggunakan jasa GPRS :

http://www.orisinil.com/ymtiny/ymtiny.jad
http://www.orisinil.com/ymtiny/ymtiny.jar

Ikuti petunjuk downloadnya dan percobaan sudah dilakukan melalui ponsel W850 dan shortcut sudah otomatis masuk di menu Application. Cara login pun semudah akses melalui PC. Menu-nya pun bersahabat dan sama seperti aplikasi-aplikasi Messenger lain yang biasanya di-punduh ke ponsel. Tarif download ya sesuai tarif GPRS masing-masing operator :-) begitu juga tarif chattingnya jika sudah log-in ke aplikasi. Dan tau ga? Ini produk dalam negri lagi lho :-)

Have fun aja ya. Source aplikasi klik disini .

Kronologger

Sore kemarin (11/9) seperti biasa butuh bacaan, jadilah edisi-edisi terbaru majalah Cinemagz, HP dan tabloid M+ D ada di tangan. Pertama-tama ya pasti yang dilihat gambar-gambarnya dulu baru ntar kalo dapet waktu lowong sikat habis bacaanya.

Balik ke judul niy, di halaman 62 majalah HP ed.53 ada artikel menarik, KRONOLOGGER namanya. Mahluk apa lagi ini? Buat yang suka dunia blogging pasti tertarik coba-coba. Blognya tidak serumit blog yang sudah ada model Blogspot atau Wordpress meskipun dua blog itu masih terbilang mudah.

Langkah-langkah proses registrasi sama seperti blog-blog lainnya plus penambahan data no ponsel jika kita ingin posting melalui SMS. Berikut gue kutip dari www.kronologger.com ya : kronologger.com adalah website untuk update berita tentang anda. Apa yang sedang anda kerjakan dan sedang berada dimana. kronologger.com memudahkan anda untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog anda, tentang apa yang sedang anda kerjakan sekarang, dimana anda dan kegiatan-kegiata terakhir anda.

Gue co-pas lagi ya :
--------------------------------
Perbedaan paling utama adalah:

1. Ngeblog pakai komputer dan Ngekron (ngeblog di kronologger.com) pakai Hp.
2. Definisi nge-blog
* Definisi ngeblog ditempat seperti wordpress.com, blogger.com, multiply.com -- Ngblog adalah menceritakan pendapat,komentar,kehidupan sehari-hari apa yang anda alami dan anda rasakan. semakin panjang dan dalam semakin bagus.
* Definisi ngeblog di kronologger.com -- ngekron (ngeblog dikronologger.com) adalah menceritakan dimana anda berada sekarang dan sedang apa sekarang?. ngeblog disini nggak perlu panjang-panjang, yang penting temen2 anda tahu apa yang anda kerjakan, sedang apa, dimana, dan yang penting mereka tahu bahwa anda masih hidup.
3. Tujuan nge-blog
* Tujuan Ngeblog (wordpress.com,blogger.com,multiply.com) -- Tujuan ngeblog adalah sarana aktualisasi diri, kebebasan mengemukakan pendapat.Tujuan
* Ngekron (ngeblog di kronologger.com) -- Tujuan ngekron (ngeblog di kronologger.com) adalah memberitahukan kepada teman2 terdekat anda, apa yang anda kerjakan dan posisi anda berada sekarang.
4. Manfaat nge-blog
* Manfaat Ngeblog (wordpress.com,blogger.com,multiply.com) -- orang jadi lebih tahu mengenai siapa diri anda?
* Manfaat Ngekron (ngeblog di kronologger.com) -- orang terdekat anda tahu anda lagi ngapain dan sedang apa dan dimana.
--------------------------------

Gimana ? Mudah bukan? Real time lho kita bisa posting dengan mudah kapan saja plus ini adalah karya anak bangsa sendiri. Cobain aja dan selamat datang di dunia KRON.

07 September 2007

Honda Supra X New Series

Honda Supra X New Series

Pertama kali ngeliat gambarnya dari milis HSX125 Community sedikit terbesit mengharapkan perbaikan dari sisi teknologi pada varian baru Supra X 125 ini. Sampai tulisan ini dibuat gue belum dapat spek detilnya , entah naik ke 135cc atau tetap mengusung daya 125cc. Entah karbu tradisional atau naik ke injeksi.

Coba ah intip satu-satu dari sisi tampilannya ...

1.Velg ? sepertinya sama saja dengan varian HSX125 terdahulu,
2.Bodi ? runcing model Honda Revo terlihat dari struktur bodi depan hingga belakang.
3.Visor dan Lampu Depan ? nah ini yang keren, mirip dengan model lampu yang muncul di varian skutik cuma ini pindah ke atas dengan bagian visor yang diperuncing. Bukan windshield lho .. tapi visor.
4.Stripping ? Bergelora seolah mengincar kaum muda yang masih haus dengan gaya terbaru.
5.Knalpot ? sudah model racing, lebih keren lagi kalo ttp pake cover knalpot model di Karisma, HSX bahkan di model Scorpio, lumayan kan kalo ada cover panas bisa tertahan kalau kena di kaki.
6.Cakram ? Depan pasti sudah wajib dan belakang ini yang jadi nilai plus. Mungkin ini sedikit mengobati varian HSX125 Double Disk yang kurang unjuk gigi.
7.Lain-lain ... hhhmm spek detil belum dapet tapi kalo mau mengomentari daleman mesin gue jelas bukan pakarnya karena belum paham kalo sudah ngobrolin spek mesin berikut kelemahan dan keunggulannya.

Setelah di post di milis seketika muncul pertanyaan apa ubahannya. Yah seperti kita ketahui bersama kalau Honda rada hati-hati kalo mau meng-eksplorasi hal-hal yang baru dan lebih memperhatikan keinginan pasar. Hanya Honda Indonesia yang tau :-)

Selamat Datang varian baru dan berikut sedikit gambar-gambar pilihan :









03 September 2007

AstroTV Online juga !!!

Akhirnya remote control AstroTV tergenggam juga. Praktis cukup menyita waktu tunggu karena aplikasi awal sudah dipenuhi sejak 12 Agustus dan baru online per tanggal 2 September 2007 setelah 2-3 kali menghubungi Astro Contact Center di 021.25527876. Setelah melakukan konfirmasi kedatangan, Instalasi yang memakan waktu 2 jam berjalan lancar dibekali kabel standar dari parabola menuju TV sepanjang 25m yang disediakan pihak installer bagi setiap pemasangan baru. Sistem yang digunakan adalah sistem video biasa yang tersambung layaknya kita memasang VCD/DVD Player ke TV. Kejernihan gambar terjamin layaknya kualitas setara DVD.

Deteksi sinyal juga berjalan normal dan layanan Astro sudah dapat dinikmati secara penuh sesuai paket yang diminta pada form aplikasi. Sayangnya dekoder yang disediakan tidak dilengkapi fitur password seperti dekoder pada paket lama, setidaknya itu yang diinfokan pihak installer tentang kekurangan yang satu ini. Praktis TV Lokal dari Astro hanya menyisakan TVRI, SCTV, Indosiar, Trans TV, Trans7 dan MetroTV sementara tayangan internasional jadi penggusur utama.

ONLINE !

Nyala pertama tersuguh Astro Ceria yang langsung disukai sikecil hingga akhirnya menggusur tayangan yang sedang berjalan, MotoGP San Marino di Trans7 saat Stoner lagi-lagi menjadi kampiun. Selanjutnya tersaji Animal Planet, Discovery Channel hingga malamnya menyantap ESPN dan Star Sports yang menayangkan laga minggu Liga Inggris. Welcome Back English Premier League !

Nah kita tunggu apakah Astro mampu mempertahankan kinerjanya dan memuaskan pelanggannya ?